Mengetahui Beberapa Persyaratan Umum Yang Harus Diketahui Bagi Yang Tinggal Di Apartemen


Bertempat tinggal pada apartemen biasanya lebih dinilai lebih menyenangkan dibandingkan tinggal di rumah pada umumnya. Terlebih jika Anda tinggal di perkotaan dan tempat kerja atau aktifitas yang biasanya selalu dilakukan sana. Tinggal di apartemen tentu akan menghemat waktu untuk bepergian dan juga lebih aman. Dibandingkan dengan landed house tentu memang sangat aman dan nyaman untuk dihuni. diambil sumber dari jual apartemen jakarta selatan, silahkan dibaca dan ulas.

Namun tentunya tinggal di apartemen memang tidak bisa dilakukan begitu saja. Hal ini karena Anda akan bertetangga jarak dekat baik itu yang satu lantai dengan lantai yang berbeda. Jadi memang ini kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen yang harus diketahui. Tapi selama Anda selalu tau dan memahami aturan maka tinggal di apartemen tidak akan ada masalah. Supaya tidak pusing maka dibawah ini ada beberapa persyaratan yang biasanya ada dan harus dipahami bagi kalian yang tinggal di apartemen.

  • Wajib membayar ongkos Service Charge (kebersihan)

Adanya keuntungan investasi apartemen memang tidak dapat ditolak lagi terlebih jika Anda ingin investasi dalam waktu yang lama. Tapi jika Anda tinggal di apartemen maka Anda wajib membayar biaya-biaya yang sebenarnya sangat mahal. Tentu saja ini merupakan selain biaya listrik dan air. Service Charge & Sinking Fund singkatnya yaitu jenis biaya yang dibutuhkan untuk mengurus sebuah apartemen. Dari dana ini maka apartemen bisa melakukan perawatan, perbaikan gedung, asuransi gedung, fee bagi pihak manajemen, gaji karyawan apartemen serta biaya kebutuhan tambahan lainnya.

  • Memahami aturan mengenai masuk dan keluar membawa suatu barang

Jika Anda biasa tinggal di landed house maka Anda tidak perlu terikat dengan aturan waktu untuk memasukan atau mengeluarkan barang. Anda bisa melakukannya sendiri dengan bebas dan tidak perlu ribet dengan aturan. Namun aturan ini tidak berlaku bagi mereka yang tinggal di apartemen. Di apartemen Anda bertetangga dengan banyak orang yang tinggal di lantai yang sama dan bahkan berbeda. Saat akan mengeluarkan atau memasukkan barang maka harus sesuai dengan jam operasional yang sudah ditentukan. Pada umumnya proses ini ditetapkan antara jam 09.00 -15.00 pada hari biasa, dan jam 09.00-12.00 pada hari libur.

  • Wajib memahami mengenai aturan dan sistem kebakaran yang ada

Pihak apartemen sudah merancang agar bangunan apartemennya selalu aman. Karena itu di beberapa tempat biasanya sudah dipasangi dengan fitur pendeteksi asap, pemadam api, pendeteksi suhu dan kondisi darurat lainnya. Alat pengaman ini sudah terinstalasi dengan jarak dan lokasi yang strategis. Karena itu jangan merusak atau menutupi sensor dari alat karena itu bagi keselamatan bersama.

  • Memahami aturan parkir dan fasilitas yang disediakan oleh apartemen

Parkir di apartemen memang tidak semulus parkir di tempat biasa. Hal ini karena terkadang apartemen menyediakan jumlah tempat parkir yang terbatas dan tidak sebanding dengan orang yang tinggal didalamnya. Jika sudah seperti ini maka biasanya Anda harus menyewa lagi sebuah tempat parkir.

  • Harus memberikan keterangan data diri

Sebelum Anda masuk ke apartemen dan tinggal di sana maka Anda harus menyerahkan data diri dan keluarga yang harus dapat dihubungi. Ini sangat penting untuk melakukan proses administrasi saat akan menjadi warga di sebuah tempat. Namun sayangnya banyak penghuni yang sering tidak peduli mengenai aturan ini sehingga terkadang sulit untuk mencari data penghuni apartemen tersebut.

Hal itu tentu menjadi hal yang sangat penting untuk diberikan kepada pihak pengelola apartemen. Termasuk untuk berjaga jika ada kejadian darurat misalnya saja kebakaran, tindak kriminal, pemeriksaan dari badan pemerintahan sampai bahkan hal buruk seperti sakit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *